Menu dan Panduan Bagaimana Cara Menggunakan Blog Ini

Quily Dreamy nyengir

Hai, semuanya!. 
Ya!. Seperti yang kita ketahui dan sudah dijelaskan di postingan sebelumnya, blog ini masih baru dan jumlah postingan masih sedikit serta masih perlu adanya pengembangan secara bertahap agar blog ini semakin sempurna kedepannya dan akan terus konsiten dalam membahas dan mempublikasikan tentang serba-serbi serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic" dan "Peponian". Maka sebelum blog ini akan dipenuhi oleh postingan-postingan terbaru lainnya. Maka Quily juga perlu harus menjelaskan lebih detail tentang panduan untuk menggunakan blog Dunia Little Pony ini.

Ada apa saja di blog Dunia Little Pony?

Seperti blog pada umumnya, Pada saat pertama kali mengunjungi blog ini kalian akan selalu melihat postingan terbaru di awal blog atau di beranda awal yang ditampilkan di blog ini dan kalian juga akan menemukan tulisan berderet sejajar dengan latar belakang hitam tepat dibawah logo Dunia Little Pony yang disebut dengan menu navigasi dan disinilah kalian melihat menunya persis seperti gambar di bawah ini.


Didalam menu inilah banyak sekali artikel yang menarik seputar serba-serbi serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic"yang sudah tersedia di setiap menu dan di setiap menu ini Quily akan menjelaskan fungsi-fungsinya:

1. Beranda - Ini adalah menu yang menampilkan tampilan awal/depan blog Dunia Little Pony

2. Tentang - Di dalam menu ini akan ditampilkan mengenai informasi profil dari blog Dunia Little Pony ini termasuk profil maskot utama blog Dunia Little Pony yang ada didalamnya.

3. Cerita - Di dalam menu ini akan diisi konten mengenai cerita yang berkaitan dengan serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic" ini sendiri dan ada yang berupa video, naskah dialog dalam dua bahasa (Indonesia-Inggris), serta file bacaan "pdf" yang dapat dibaca dan diunduh. Di dalam menu ini ada 2 sub menu yang terdiri diantaranya:
  • MLP Official - Di sub menu ini kalian akan menjumpai video serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic" dan gak hanya itu saja, kalian dapat membaca naskah dialognya dalam dua bahasa (Indonesia-Inggris) yang sesuai dengan serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic" di setiap episode dan season-nya yang dapat kalian baca dan dapat kalian unduh.
  • MLP Komik - Di sub menu ini kalian akan menjumpai daftar link file bacaan komik "My Little Pony: Friendship Is Magic" karya dari Andy Price berupa pdf dan kalian dapat mengunduhnya.
4. Berita - Di dalam menu ini kalian dapat melihat kabar terbaru seputar "peponian" dan serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic" sendiri yang terbit setiap hari Minggu dalam Bahasa Indonesia

5.  Event - Ini nih, yang seru!. Kalian bisa mendapatkan info jadwal event terbaru seputar "My Little Pony: Friendship Is Magic" (seperti: Live Show atau Meet&Greet) yang diselenggarakan disetiap kota terdekat kalian di seluruh Indonesia dan luar negeri. Dari event yang kalian hadiri tersebut, syukur-syukur dapat punya teman baru dan kenalan baru atau bisa ngajak janjian untuk ngumpul bareng untuk menghadiri di event yang berkaitan dengan "My Little Pony: Friendship Is Magic". Ada 3 sub menu di dalam menu ini, diantaranya:
  • Event - Pada sub menu ini akan diisi informasi mengenai seputar jadwal event acara (seperti: Live Show atau Meet and Greet) bahkan termasuk informasi mengenai penjualan tiket masuk (jika tersedia)
  • Konvensi - Sama seperti sebelumnya/diatas namun pada sub menu ini akan menampilkan mengenai tradisi temu jumpa sesama penggemar "My Little Pony: Friendship Is Magic".
  • Promosi - Pada sub menu ini akan diisi informasi mengenai seputar promo suatu produk yang dipromosikan oleh suatu merk dagang tertentu (misal: merchandise atau endorse)
6. Artikel - Di dalam menu ini kalian bisa menemukan tulisan atau postingan yang berkaitan dengan "peponian" atau mengenai serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic". Ada 2 sub menu di dalam menu ini,diantaranya:
  • Artikel - Sama seperti penjelasan diatas, dengan tambahan ada tips dan trik dan tutorial yang berkaitan dengan "peponian" atau mengenai serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic".
  • Wawasan - Di dalam sub menu ini kalian dapat menambah wawasan yang berkaitan seputar dengan serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic" (seperti: nama tokoh, setting dalam cerita, dll)
7. Fans - Pada menu ini kalian dapat mengetahui kegiatan dan aktifitas para penggemar "My Little Pony: Friendship Is Magic". Ada 2 sub menu didalamnya, diantaranya:
  • Komunitas - Di sub menu ini akan ditampilkan daftar lokasi komunitas yang menggemari serial animasi "My Little Pony: Friendship Is Magic" diseluruh secara rinci
  • Tapal Kuda - Pada sub menu ini akan diisi sebuah wawancara eksklusif para penggemar "My Little Pony: Friendship Is Magic" secara personal berupa tulisan
8.  Karya - Lihatlah hasil karya yang dibuat oleh para fans/penggemar "My Little Pony: Friendship Is Magic" yang Quily himpun dari berbagai sumber dengan mencantumkan nama artist-nya sebagai menghargai hak cipta karya. Ini akan seperti galeri seni khusus bagi penggemar dan juga tersedia 4 sub menu dalam menu ini, yaitu:
  • Gambar - Di sub menu ini akan diisi kumpulan gambar-gambar yang dibuat oleh penggemar baik secara digital maupun traditional
  • Cerita Dari fans - Di sub menu ini akan juga akan diisi kumpulan cerita fiksi (fan-fic) yang dibuat oleh para penggemar
  • Cosplay - Pada sub menu ini akan diisi foto-foto yang memperlihatkan para cosplayers yang memperagakan kostum yang sesuai dengan karakter yang ada di "My Little Pony: Friendship Is Magic"
  • Musik - Sub menu ini juga keren, sub menu ini akan diisi juga oleh kumpulan lagu-lagu aransemen yang dibuat oleh para penggemar "My Little Pony: Friendship Is Magic" yang merupakan gubahan dari lagu dari serial animasi tersebut.
  • PMV - Sub menu ini pun juga begitu, sub menu ini diisi oleh kumpulan-kumpulan video penggalan scene dari "My Little Pony: Friendship Is Magic" yang digabung jadi satu sehingga seperti video klip lagu yang dibuat oleh para penggemar.
  • Kerajinan - Ini juga kreatif, para penggemar unjuk gigi dalam menunjukan seni kriya yang berkaitan dengan "peponian"
9. Ponified - Di menu ini sendiri juga unik karena para tokoh atau artis terkenal dari dalam dan luar negeri akan berubah dalam gambaran pony seperti "My Little Pony: Friendship Is Magic" dan semuanya akan dibuat oleh Dunia Little Pony.

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara menggunakan blog Dunia Little Pony ini beserta menu serba-serbinya. Khusus untuk menu yang ke-8, mengenai (Karya). Kalian pun juga bisa ikut berpartisipasi dan berkesempatan untuk menampilkan karya kalian di blog ini dengan syarat:

- Karya kalian harus menarik dan bagus
- Cantumkan identitas kalian (nama, tanggal lahir dan kota asal) 
- Karya kalian jangan berisi (SARA) Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan
- Untuk karya berupa gambar digital, kalian harus melampirkan gambar dengan ukuran maksimal 4 KB (Kilobyte)
- Untuk karya berupa gambar traditional, disarankan untuk men-scan-nya
- Untuk karya berupa cerita, kalian harus melampirkannya dalam bentuk file berformat (.doc) maksimal 3 halaman
- Untuk foto cosplay, usahakan untuk posisi full body dengan gaya bebas dan foto harus ukuran 4R
- Untuk foto kerajinan, usahakan untuk mem-fotonya dari berbagai arah dengan pencahayaan cukup
- Lampirkan dan kirim karya kalian ke (dunialittlepony.id@gmail.com)
- Ini masih belum berlaku untuk karya musik dan PMV

Kalian bisa mengikutinya setiap satu bulan sekali di minggu ke-tiga dan 10 pengirim karya pertama bisa berkesempatan untuk ditampilkan di blog Dunia Little Pony.

Tidak hanya itu juga, kalian juga bisa bantu donasi untuk blog ini agar mendapatkan domain (dunialittlepony.co.id) di tombol donation di tampilan bawah blog ini. Donasi kalian juga sangat berarti untuk blog ini.

NB: Menu yang ada di blog Dunia Little Pony dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya
Previous Post
Next Post

About Author

0 komentar: